Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif
Saat ini beberapa hari lagi kita sebagai umat Hindu akan merayakan Hari Suci turunnya pengetahuan (Saraswati),ijinkan saya Taman Kanak Bulan kembali berbagi ilmu yang bernuansa pendidikan🙏🙏🙏😇

Saat dilema covid 19 pendidikan menjadi tak terbatas, bisa dilakukan dimana saja,dimana orgtua menjadi guru,gurupun menjadi murid dan tak jarang muridpun menjadi guru (dg kecanggihan teknologi yg lebih dikuasai siswa)👩‍🏫👩‍🏫

Namun ada beberapa hal yg perlu diingat yakni membangun komunikasi yg positif antara Guru,Orangtua dan siswa dlm masa penerapan Belajar dari Rumah (BdR)👩‍💻
Jangan sampai covid 19 membuat kita menjadi kehilangan jati diri dan respect kita thd org lain❤️

Adapun tips dari komunikasi efektif yakni 👩‍🎓
1. Pesan harus mudah dipahami
2. Harus ada umpan balik dari penerima pesan

Hal -hal yg harus dihindari selaku pengirim pesan :🙅‍♀️
1. Bicara cepat dan tidak tersusun
2. Terlalu banyak gagasan yg tdk berhubungan
3. Terlalu pendek dan tidak cukup info dan pengulangan
4. Mengabaikan pokok pesan
5. Tidak menyesuaikan dg sudut pandang penerima

Hal- hal yg harus dihindari selaku penerima pesan:🙅🙅‍♂️
1. Tidak menaruh perhatian kepada pengirim
2. Sudah merumuskan jawaban sblm membaca keseluruhan
3. Cenderung membaca detail bukan pokok keseluruhan pesan
4. Memberikan penilaian benar atau salah

Adapun beberapa keterampilan komunikasi yg perlu kita latih diantaranya:💁‍♀️
1. Mengamati
2. Bertutur kata lisan dan tulis yg sopan
3. Mendengarkan dan memahami
4. Kecerdasan emosional
5. Self efficacy / kemampuan menguasai situasi dan menghasilkan sesuatu yg positif bagi kepentingan bersama
6. Percaya diri
7. Rasa hormat
8. Komunikasi Non Verbal seperti gerak tubuh/gesture,raut wajah (hal ini unt komunikasi lisan)
9. Pemilihan media yg tepat
10. Memberikan umpan balik

Pesan yg diberikan juga diharapkan agar jelas,benar,lengkap,tepat dan sopan,tidak bertele-tele ,peduli dan konsisten shg tdk timbul prasangka seperti tidak adil 👩‍💼

Ada beberapa elemen yg harus dihindari saat berkomunikasi:🤦
1. Konfrontasi/ kata yg menimbulkan pertentangan
2. Konflik/ identifikasi topik yg dianggap sbg masalah dan pastikan solusi yg terbaik
3. Ceroboh /pastikan durasi kegiatan,frekwensi topik,target capaian kegiatan dan media komunikasi yg digunakan selama BdR

komunikasi bukan  hal mengambil keuntungan dari org lain namun komunikasi bagian moralitas sebagai manusia yg memiliki adab,lakukan komunikasi dg tulus tanpa manipulasi🙏

Om ano badrah kratawo Yantu Wiswatah🙏
Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru🙏😇

Apabila rasa hausmu sudah cukup dengan segelas air,janganlah meminta air terjun karena bisa saja kita tenggelam
Bahagia dan bersyukur atas apa yg kita miliki🙏dumogi di tahun ajaran baru kita semua tetap bersemangat dlm membimbing anak anak belajar 👩‍💼

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajar Membaca Anak Usia Dini🌺

Welcome to my Blog