Menjadi Manusia Omni

 Tentu kalian semua bingung yah dengan kata Omni.

Gini deh,pertama bahasan kali ini adalah lebih kepada terjadinya perubahan perekonomian yang luar biasa hebat disaat ini terlebih lagi hantaman virus covid 19.

Pada era saat ini,manusia yg bagaimana sih yang bisa survive??

Apakah manusia yg lahir pada era baby boomers atau era 90an gag bs dikatakan berhasil karena mereka golongan yg agak awam masalah digital? Karena sekarang semua serba digital,harus bisa beradaptasi namun ga seberapa org dari golongan ini berhasil keluar dari comfort zone mereka 

Semua perusahaan yg hanya secara fisik seperti departemen store atau taxi biru yg dulunya jaya bahkan diatas angin tiba tiba saja mengalami puncak krisis,sementara gojek,go food berjaya melindas era sebelumnya.

Perusahaan yg paling tepat menurut Marketer Indonesia hebat yakni Hermawan Kertajaya mengatakan bahwa perusahaan omnilah yang akan merajai dan tentu di dalam perusahaan omni omni ini tentu harus ada orang orang yang omni.

Apa yg dimaksut dengan Omni itu sendiri?

Omni adalah bisa bergerak didua sisi baik dalam jaringan atau luar jaringan. Dalam jaringan artinya menguasai dan ada dalam sistem digital atau e commerse dan ada juga dalam sistem luar jaringan atau bisa dan harus ada fisiknya,krn bullshit jika perusahaan itu tidak ada fisiknya. Bisa bisa customer tidak percaya dan merusak trustee yg sudah dibangun,karena seperti yang orang Cina katakan tanpa adanya kepercayaan kamu tidak punya apa apa.

Artinya tetap saja di luar jaringan kita memerlukan management,memerlukan jaringan,memerlukan leadership,memerlukan modal dan produktivitas.

Jangan sampai kreativ saja namun tdk produktif,semua harus tetap sejalan.Jadi mirip dengan Film Saving Private Ryan begitu komandannya mati semua mengira mereka akan kalah namun karena ada sersan yang mengambil leadership maka mereka berhasil menang. Jadi untuk sustainable suatu perushaaan sangat penting adanya hal hal diatas jangan hanya berpikir serba digital dan instant dan lalu membuat bisnis start up...jangan jangan malah nanti jadi burn money.

Burn money kalo bisa membuat bisnis menjadi naik dan unicorn sih tdk apa apa namun jika burn money dan akhirnya lose ya seperti kebodohan semata.Maka buatkan perusahaan kalian semua menjadi perushaan omni dan cetaklah staf staf yg omni dan jangan lupa diri anda yang omni.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajar Membaca Anak Usia Dini🌺

Welcome to my Blog